Cara Mengatasi Anak Jenuh Belajar Di Rumah Saat Pandemi Covid

Internalisasi metode pembelajaran ini harus segera dilakukan dalam bentuk penyesuaian antara pendidik dan peserta didik sehingga metode pembelajaran ini tidak lagi menjadi beban bagi pendidik dan peserta. Mereka tidak lagi merasa asing dan kesulitan dalam menyesuaikan diri dalam kondidi dan situasi apapun yang terpenting adalah tujuan pembelajaran tercapai. Dengan kebijakan tersebut, tentunya para siswa mengalami perubahan drastis terkait dengan aktivitas normal di sekolah. Sejatinya aktivitas di sekolah adalah sarana untuk belajar dan bermain bagi anak dan remaja.

Membentak anak hanya akan menambah rasa stres dan marah, baik pada diri orang tua maupun anak sendiri. Cobalah menarik perhatian anak dengan memanggil nama mereka dan berbicara dengan suara yang tenang. Menurut Nadiem, guru sebaiknya jangan menerapkan sistem kejar tayang karena hasilnya tidak akan efektif. Sebaliknya, saat ini adalah momen emas untuk menguatkan konsep elementary yang mendasari kemampuan murid untuk bisa sukses di mata pelajaran apapun. Takutnya anak-anak justru cepat merasa bosan dan tidak dapat menyerap pelajaran.

Salah satunya adalah proses pendidikan pemanusiaan manusia muda melalui homunisasi dan humanisasi. Seorang pelajar bisa bergerak, berdiri,bersikap dan bertingkah laku sebagai manusia seutuhnya dalam berpendidikan. Manusia harus selalu siap dalam meningkatkan pengetahuan meskipun banyak kendala yang harus mereka lalui. Seperti sekarang, proses pendidikan dilakukan secara daring karena disebabkan adanya pandemik covid 19 yang menyebabkan seluruh mahasiswa harus melakukan proses pembelajaran secara on-line. Sekarang ini kita sebagai manusia berpendidikan tidak boleh putus asa dan tetap dituntut untuk selalu belajar meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Terkadang jadwal padat dan suasana yang monoton menjadi salah satu penyebab anak malas belajar.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Jadi, sejak pemberlakuan pembatasan, beragam aktivitas tersebut harus dilakukan di rumah bersama anggota keluarga dan orang tua mereka. Anak-anak mungkin banyak yang belum atau tidak mampu menghadapi perubahan yang terjadi secara cepat dan tiba-tiba ini. Kemampuan anak dan remaja dalam melakukan adaptasi terhadap perubahan akibat Covid-19 ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, kematangan, ataupun tahapan perkembangan anak. Kebijakan pemerintah terkait perpanjangan masa belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 memang penting untuk menjaga agar penderita penyakit ini tidak semakin banyak.

Jika anak terlihat bosan di jam belajar, sebaiknya tanyakan apa kesulitan mereka dan berikan solusi terbaik. Imbau si kecil untuk menuntaskan belajarnya hingga jadwal berakhir agar mereka dapat terbiasa. Selain itu, Anda Slot Pragmatic juga bisa memberikan camilan sehat atau makanan favoritnya agar anak lebih bersemangat kala rasa bosan menghampiri. Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

Selain itu, tak ada salahnya juga, untuk menyajikan berbagai camilan sehat kesukaan anak agar ia tetap semangat belajar. Orang tua juga bisa membuat jalan keluar dengan menawarkan jadwal baru. Dari yang biasanya mulai pagi sesuai jam masuk sekolah, sekarang diubah sesuai keinginan anak. Dengan syarat, tetap mengikuti pertemuan on-line bila sudah terjadwal sebelumnya.

Published
Categorized as LIP

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *