Produk Investasi Saham Syariah

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menjual reksadana syariah? Memang penjualan reksadana tidak bisa dilakukan setiap saat. Namun, Anda bisa melepas reksadana syariah yang dimiliki pada saat performa atau kinerjanya menurun. Kinerja reksadana yang menurun tentu akan berpengaruh pada return. Sebab itu, Anda bisa menjual dan beralih ke reksadana lainnya.

Ya, dapat dipastikan kita rugi karena harga saat beli lebih tinggi daripada harga jual. Poin ini sangat penting untuk menghindarkan kita dari kerugian, yang pada akhirnya justru membrandol saham sebagai instrumen yang tidak ada bedanya dengan judi. Dalam Islam, bagi hasil dilakukan secara adil, sehingga baik pengusaha maupun investor bisa hidup dari keuntungan tersebut.

Menurut Bursa Efek Indonesia saham syariah adalah efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di Pasar Modal.Prinsip-prinsip syariah yang dimaksud di sini telah disepakati OJK bersama MUI. Dengan kata lain, produk investasi pun saat ini ternyata sudah ada yang didesain sesuai prinsip-prinsip syariah. Ditambah lagi, pilihan-pilihan saham yang merupakan saham syariah pun gak sedikit jumlahnya.

Cara bermain saham yang halal

Sebab saham yang punya kapitalisasi pasar yang besar merupakan saham yang tidak mudah digoyang harganya semisal saham blue chip. Jadi, tak perlu ragu lagi berinvestasi saham, karena memang halal hukumnya. Di Big Alpha Indonesia, kami selalu mengedepankan literasi dan pemahaman yang baik dan benar akan saham. Melalui kelas investasi, kami juga menekankan poin-poin apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah saham, baik dari sisi tren performa perusahaan tersebut maupun jajaran manajemennya.

Dengan begitu, kamu bisa tenang berinvestasi karena tidak perlu menghafalkan saham-saham apa saja yang termasuk kategori syariah dan mana yang bukan. Maka, penting untuk tahu saham mana yang hendak kamu pilih, agar investasinya menghasilkan sesuai harapan. Di akhir wawancaranya dengan beritajatim.com, Pradita Aditya menyampaikan, Aola digunakan bagi pemuda dan masyarakat untuk diskusi dan pelatihan terkait entrepeneur. Mulai dari bagaimana cara packaging yang baik, cara izin PIRT, izin halal, mengurus perizinan merk Haki bagi UMKM setempat, dll. Ia akan mengembangkan tempat dan fasilitas tersebut lebih baik lagi. Berdasarkan informasi lebih lanjut, pihak Aola telah mendatangkan sebanyak 7-8 tronton pasir kuarsa dari Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Karena ini merupakan pertama kalinya kamu akan berinvestasi saham , maka buatlah akun rekening saham terlebih dahulu di perusahaan sekuritas yang sudah kamu pilih. Saat kamu memilih investasi saham syariah, lakukan juga cek fundamental dan analisa teknikal agar terhindar dari saham–saham yang tidak sesuai. Saat ikut serta dalam investasi saham syariah, kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti pemilik saham lain, baik itu melalui capital achieve maupun pembagian dividen setiap tahun. Maksudnya, perusahaan sekuritas ini bisa menjadi jembatan penghubung antara investor dengan pasar modal, dimana perusahaan yang berkaitan sudah memiliki lisensi khusus.

Saat perusahaan tersebut mendapat keuntungan dalam jumlah tertentu, Anda pun akan mendapat imbasnya. Sebaliknya, jika perusahaan itu merugi, Anda pun akan ikut menanggung kerugiannya. Sama seperti bank-bank syariah yang tidak menerapkan unsur riba, di saham syariah pun Anda tidak akan mendapatkan keuntungan berupa bunga atau riba.

Gharar dapat merujuk pada kondisi risky di pasar forex yang membuatnya sulit untuk diprediksi dengan pasti apa yang mungkin terjadi, dan karenanya dapat dianggap mirip dengan perjudian. Ada hal lain yang bikin aku masih suka ogah-ogahan untuk investasi saham yaitu dari sisi agama. Jujur aku masih ragu boleh enggak ya on-line buying and selling dalam Islam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *