Berlibur Saat Pandemi, Ini 4 Ideas Aman Menikmati Liburan

Ilustrasi bahagiaTak perlu jauh-jauh ke luar kota, sebenarnya di beberapa wilayah terdapat destinasi yang menarik untuk disambangi. Dengan berwisata ke tempat yang terbuka, maka akan lebih aman karena memiliki sirkulasi udara yang sangat baik. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat agar waspada pada saat liburan atau setelahnya jika memiliki gejala yang mirip dengan gejala COVID-19 tadi. Masyarakat harus segera memeriksakan diri sebelum penyakit COVID-19 bertambah buruk agar bisa segera disembuhkan. Anak muda yang berencana berkumpul di rumah bersama yang lanjut usia seperti orang tua, hingga kakek nenek perlu sangat berhati-hati.

Amerika Serikat memberlakukan larangan masuk dan melakukan perjalanan selama 30 hari hanya untuk orang-orang yang berasal dari Eropa. Namun, larangan itu tidak berlaku bagi warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Eropa dan sudah dites negatif virus corona. Setelah lama menunda untuk melindungi sektor pariwisata, Thailand akhirnya menutup perbatasannya pada hari Kamis . Puluhan ribu wisawatan terjebak di negara wisata utama Asia Tenggara itu. Pemerintah Jerman sejauh ini tidak mengatur pemulangan wisatawan Jerman, karena Thailand tidak dianggap sebagai daerah yang berisiko tinggi. Bila wilayahnya masih masuk zona merah, sebaiknya batasi aktivitas anak di luar rumah.

Untuk menghindari risiko penularan, cari aktivitas liburan yang aman dari banyak orang. Anda bisa melakukan wisata alam yang pengunjungnya cukup sepi, ke objek wisata di jam dan hari yang tidak ramai, atau melakukan staycation di lodge idaman. Memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak satu sama lain, mengurangi kontak, dan sering mencuci tangan dengan air dan sabun adalah sejumlah hal yang tetap harus diperhatikan selama Anda liburan. Bawa juga perlengkapan kebersihan pribadi, seperti sabun cair, handsanitizer, dan tissue basah beralkohol untuk berjaga-jaga jika sulit menemukan tempat mencuci tangan. Dengan memilih tempat wisata lokal yang dekat dari rumah, kamu bisa merasa lebih aman, tak lelah melakukan perjalanan panjang, dan tentunya hemat biaya.

Dengan berwisata di sana dapat menghilangkan penak dari aktivitas sehari-hari. Jika Anda jenuh dengan situasi di kota, berwisata alam dapat menjadi solusinya. Pilih lokasi yang sirkulasi udaranya baik dan menerapkan protokol kesehatan. Lebih baik hindari area yang terlampau ramai dan tidak mementingkan protokol kesehatan. Meski bepergian memang tidak dianjurkan, Anda tetap bisa melakukan beberapa langkah untuk mengurangi risiko tertular virus corona saat ke luar rumah.

Liburan panjang ini pun di sisi lain menimbulkan kekhawatiran adanya lonjakan kasus penyebaran Covid-19. Liburan itu penting, tapi agar tidak menimbulkan masalah, haruslah tetap mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan motor pun tidak menjadi masalah, apabila lokasi yang kamu tuju tidak begitu jauh.

Cara aman untuk berlibur ditengah masa pandemik

Untuk inspirasi perjalanan, kita bisa mengintip 5 kegiatan yang paling diminati terkait wisata dalam negeri. Selain itu, ada banyak penawaran menarik untuk perjalanan liburan kita, seperti yang ditawarkan oleh Traveloka EPIC Sale. Bagian luar berwarna pada masker bedah bersifat tahan air, berfungsi untuk membuat droplet yang berisi bibit penyakit tidak akan terhirup oleh manusia. Staycation ini bisa kamu lakukan seorang diri sebagai bentuk ‘solo traveling’ maupun menikmatinya bersama anggota keluarga serumah. Ditambah lagi, tak perlu diragukan bahwa pihak resort akan selalu menjaga kehigienisan lokasi-lokasi mereka, dengan pengunjung yang sangat dibatasi dengan sangat ketat. Selama liburan, Bunda harus menggunakan pakaian yang nyaman dikenakan.

Hal ini karena di moda-moda transportasi tersebut mudah menjadi medium penyebaran virus. Meskipun anak sudah dipakaikan masker dan face protect, kondisinya tentu akan sangat berbeda dari orang dewasa. Anak-anak mudah tidak cepat betah apalagi mereka tentu sangat penasaran terhadap hal-hal di sekitarnya sehingga ingin mengetahui dan menyentuh apa pun yang dianggap menarik. Menggunakan kendaraan pribadi dinilai dapat menimalkan hal terpapar virus saat anak-anak menjadi kepo.

Ini terutama ketika hendak mengajak balita ke pusat keramaian seperti mal dan restoran. Bila harus pergi, pastikan Anda bepergian bersama dengan orang yang serumah supaya lebih aman. Untuk meminimalisir penularan, lansia, wanita hamil, dan anak-anak disarankan untuk tetap tinggal di rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *