Kiat Atasi Anak Yang Bosan Dan Stres Selama Belajar Online Di Rumah

Anda dapat memulai sesi belajar yang lebih singkat dan secara progresif lebih lama. Jika goal waktu belajar antara 30 atau 40 menit, Anda dapat memulai dengan 10 menit kemudian membangun semangat dari waktu itu. Selama proses belajar, kombinasikan waktu belajar on-line dengan aktifitas offline seperti latihan mengerjakan tugas. Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi. Peningkatan kompetensi pendidik di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh mutlak dilakukan. Memang jumlahnya sangat banyak, untuk memastikan sekitar 3 jutaan guru di Indonesia memiliki kompetensi yang memadai dalam memanfaatkan teknologi tentu bukan perkara mudah.

Jangan pernah membuat banyak alasan saat tiba waktunya untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan kamu. Kurangi ekspektasi, misalnya rumah harus bersih tiap hari, makanan harus perfect tiap saat berbeda, dll. Psikolog Hertha Christabelle Hambalie, M.Psi., dalam tulisannya yang dimuat di HalloSehat.com memaparkan, Sir Ken Robinson menuliskan dalam bukunya berjudul You, Your Child, and School bahwa rasa bosan terjadi saat lingkungan sangat monoton. Tidak hanya itu, rasa bosan juga terjadi ketika tidak ada sesuatu hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan. (“Benteng pekerjaan rumah” selalu menjadi favorit anak-anak, asalkan penerangannya cukup.) Sediakan banyak perlengkapan sekolah warna-warni di space ini sehingga tidak ada alasan untuk pergi sampai pekerjaan rumah mereka selesai.

Sehebat apapun rencana pembelajaran yang dibuat di musim pandemi, jika siswa tidak tertarik menjalankannya maka akan sulit bagi guru menjalankan proses KBM yang maksimal. Kurangnya fasilitas teknis yang mendukung, penguasaan teknologi yang kurang baik serta interaksi transfer pengetahuan yang tidak terjadi secara langsung dapat mengurangi minat belajar peserta didik secara umum. Mungkin ketika berada di rumah anak merasa memperoleh suasana yang bising dan berisik, berbeda dengan sekolah yang sangat mendukung kegiatan belajarnya. Jenuhnya berada di rumah bukan tidak mungkin menyebabkan anak rewel atau bahkan menangis dan merengek-rengek minta keluar. Bila sudah seperti ini, tentu orang tua harus memutar otak untuk mencari cara agar anak betah berada di rumah. Anjuran ini bisa membuat anak-anak bosan karena harus belajar dari rumah dan tidak bisa melakukan kegiatan di luar rumah.

Namun alih-alih meluapkan emosi di depan mereka, sebaiknya hadapi situasi ini dengan kepala dingin. Usahakan untuk tidak memarahi anak, mengeluarkan kata-kata kasar atau bahkan melakukan kekerasan pada mereka. Pasalnya tindakan ini dapat membuat mereka marah, depresi dan semakin malas belajar. Membuat kuota belajar memungkinkan kamu untuk bisa menyerap pelajaran dan buku dengan optimum dan terhindar dari rasa malas belajar.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Sembari menemani Si Kecil menonton movie, Bunda dapat mengajarinya hal-hal baik yang bisa dipetik dari film tersebut. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan Slot Online berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan. Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak.

Di kampus saya, Southwest University Chongqing misalnya, sebelum kuliah daring dimulai kami diminta mengisi questioner on-line untuk mengetahui lokasi tempat tinggal dan keadaan jaringan web. Jika perlu ditunjuk operator khusus untuk membantu guru-guru yang mengalami kendala karena faktor usia. Salah satunya mengajarkan bahwa kehadiran gawai tidak sekedar untuk menghabiskan waktu di media sosial dan menonton YouTube melainkan bisa digunakan sebagai sumber pengetahuan. Bagi guru, materi yang sama bisa digunakan untuk kelas selanjutnya tentu dengan modifikasi agar lebih menarik. Itulah sebabnya sekolah seyogianya tidak hanya mendidik siswa untuk menghafal.

Published
Categorized as LIP

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *