Vaksinasi Tahap Pertama Pada Lansia Di Jatim Baru Mencapai Thirteen,Eight Persen

Jakarta, 15 Februari Program Vaksinasi COVID-19 segera memasuki tahap kedua, seiring dengan hampir selesainya pemberian vaksinasi tahap pertama kepada para tenaga kesehatan. Salah satu kategori yang masuk di tahap kedua ini adalah lansia, yaitu seseorang yang berusia 60 tahun ke atas. Lansia termasuk yang didahulukan atau menjadi prioritas karena memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi deadly. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Menurut Gito, lansia merupakan kelompok masyarakat yang beresiko tinggi mengalami kematian apabila terpapar COVID-19.

Untuk warga Sragen yang berusia lebih dari 60 tahun dapat mendaftarkan melalui website dinkes.sragenkab.go.id. Serta mengisi formulir pendaftaran vaksinasi COVID-19 pada bagian atas halaman. Bupati menambahkan jika 12.000 dosis vaksin tahap kedua yang datang Rabu (three/three/2021) itu sekaligus untuk menyisir yang masih tersisa seperti, nakes dengan komorbid, periode kedua ASN, TNI, POLRI yang belum terpenuhi. Sebelum vaksinasi, warga dihimbau mendaftarkan keluarganya yang lansia untuk ikut vaksinasi melalui web site resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen.

Vaksinasi bagi Lansia

Data terbaru per 16 Maret 2021 dari Satgas Covid Nasional menunjukkan angka kasus aktif sebesar 134.042 orang, sedangkan Satgas Covid Kabupaten Klaten melaporkan kasus aktif sebesar 261 orang. Lansia merupakan kelompok rentan yang berisiko tinggi mengalami komplikasi berat jika terkena Covid-19. Dia memprediksi capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia bisa meningkat signifikan jika setiap hari dilakukan vaksinasi di masjid, dengan asumsi ada ribuan masjid di Sumbar. Sementara itu, Juru Bicara COVID-19 Sumbar Jasman mengatakan ide untuk melaksanakan vaksinasi gratis di masjid itu berawal dari diskusi meningkatkan capaian vaksinasi dengan Wagub Sumbar.

Untuk hepatitis A diberikan dalam dua dosis, sementara hepatitis B diberikan dalam tiga dosis. Syaratnya, organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Oma dan opa berusia 60 tahun ke atas dan belum mendapat vaksinasi Corona, atau bahkan bingung tidak tahu cara daftar vaksin lansia? Tak perlu khawatir, terdapat berbagai program vaksinasi free of charge yang diselenggarakan bagi para lansia di berbagai daerah, termasuk DKI Jakarta dan kota lainnya.

Adapun vaksinasi yang saat ini dimulai per harinya akan dilaksanakan vaksinasi kepada 650 orang. Ia juga meyakinkan bahwa sesuai Fatwa MUI pelaksanaan vaksinasi selama bulan Ramadan tidak membatalkan puasa, sehingga antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi tetap tinggi. Saat ini menurut knowledge yang dimilikinya, terdapat 11.000 orang lansia yang menunggu untuk mendaftar vaksinasi covid – 19 yang menurut rencana akan kembali dilaksanakan minggu depan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *